Sekilas Pandang

Program Studi D3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Malang pertama kali dibuka pada tahun 1986 dengan nama Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran di bawah Jurusan Administrasi Niaga. Program studi ini dibuka atas bantuan dari The Australian Project.  Selanjutnya Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran dan Jurusan Administrasi Niaga secara resmi mendapatkan pengakuan dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0313/O/1991.

Nama Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran berubah menjadi Program Studi Administrasi Bisnis, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 45/DIKTI/Kep/2001 pada tanggal 12 Februari 2001. Sejak saat itu sampai dengan sekarang, nama Program Studi Administrasi Bisnis tidak mengalami perubahan.

Visi

Menjadi program studi vokasi yang unggul di bidang Administrasi Bisnis dalam persaingan global.

Misi

  1. menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan D3 di bidang Administrasi Bisnis yang berkualitas, inovatif, dan unggul dalam persaingan global sesuai kebutuhan industri, lembaga pemerintah dan masyarakat.
  2. menyelenggarakan penelitian di bidang Administrasi Bisnis yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat.
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di  bidang Administrasi Bisnis yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. menyelenggarakan sistem pengelolaan program studi dengan berdasar pada prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan vokasi dan tata pamong yang efektif dan akuntabel.
  5. menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga pendidikan, industri, institusi yang terkait dengan bidang ilmu administrasi bisnis.

Kompetensi Program Studi

Setelah menyelesaikan pendidikan jenjang D3 Administrasi Bisnis, posisi (Job Roles) yang dapat ditempati lulusan adalah menjadi:

  • Asisten Administrasi
  • Asisten Manager bidang Administrasi Bisnis (bidang Pembelian, Penjualan, Keuangan, dll.)
  • Sekretaris Senior